Senin, 21 Desember 2015

TAGGED UNDER: ,

Kenaikan Tingkat Suku Bunga The Fed tak Membuat Pasar Khawatir



CIREBON (CT) – Laju perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang tahun 2015 mengalami tren penurunan. Jika dilihat dari awal tahun 2015 yang berada di posisi 5,242 point, saat ini IHSG berada di level 4,464 point atau mengalami penurunan sebesar 15-16 persen.

Seperti dikatakan Analis dari Trimegah Securities Cirebon, Ariffianto, faktor penurunan IHSG tahun ini lebih disebabkan karena aktivitas perdagangan global, misalnya harga komoditas dunia yang melemah, pertumbuhan ekonomi di negara Cina yang menurun, dan kenaikan tingkat suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed.

Seperti yang telah diprediksi banyak kalangan, The Fed akhirnya menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis point atau 0,25 persen, dari posisi sebelumnya 0,25 persen menjadi 0,5 persen. Kenaikan tersebut telah diantisipasi jauh-jauh hari, jadi pelaku pasar tidak terlalu khawatir.

“Kenaikannya pun bertahap sehingga tidak terlalu menekan pasar,” ujarnya kepada CT, Senin (21/12).

Ia memproyeksikan, hingga tahun 2015 berakhir, IHSG berada di level 4,537 point. Sedangkan untuk tahun 2016 bakal ada recovery, sehingga mengalami tren kenaikan. Pada pertengahan tahun depan, IHSG diprediksi ada di posisi 4,735 point serta akhir tahun ditutup pada level 5,278 point.

Terkait realisasi di sektor makro, lanjutnya, rata-rata nilai rupiah terhadap dolar tahun ini berada di kisaran Rp. 13.397 per USD. Tahun depan rupiah diproyeksikan berada di kisaran Rp. 13.988 per USD atau mengalami kenaikan point.

Sedangkan suku bunga acuan BI Rate tahun depan diprediksikan tidak terlalu banyak perubahan, bahkan sama seperti saat ini di tingkat 7,50 persen.

Menurutnya, sektor yang bisa tumbuh pada tahun 2016 di antaranya adalah bidang perbankan, infrastruktur, dan konsumer.

“Hal itu tidak terlepas dari stimulus atau paket kebijakan ekonomi pemerintah yang lebih mengarah ke fiskal,” pungkasnya. (Haris)

About Jasa Buat Website
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. A die shopuf pogest concludi cum administrasset slushie intus calidum brioche.
Follow me @Bloggertheme9
Subscribe to this Blog via Email :

0 komentar:

© 2014 Media Cakrawala. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.
back to top